Saturday, December 10, 2016

SAYANGILAH GINJAL KITA

SAYANGILAH GINJAL KITA





Ginjal merupakan sepasang organ di dalam tubuh yg bentuknya kecil dan menyerupai kacang merah, namun memiliki fungsi yang sangat penting, diantaranya adalah membersihkan dan menyaring darah dari racun maupun kotoran (limbah metabolisme) yang ada di dalam darah.

Dr. Husen A. Bajry mengatakan kesehatan tubuh ditentukan oleh kesehatan darahnya, kesehatan darah ditentukan oleh kesehatan ginjalnya. Penurunan fungsi ginjal dapat terjadi karena pola makan dan gaya hidup yg salah, kurang minum air putih, dll.

Penurunan fungsi ginjal biasanya disebabkan telah terjadi kerusakan organ tubuh sebelumnya pada sistem pencernaan dan peredaran darah. Maka ginjal sering disebut sebagai terminal akhir tubuh.

Dari data 7th Report of Indonesian Renal Registry tahun 2014, pasien gagal ginjal yang melakukan cuci darah paling banyak disebabkan karena hipertensi (37%). Diikuti diabetes (27%), dan kelainan bawaan (10%).

Apabila penurunan fungsi ginjal sampai stadium 4, yaitu fungsi ginjal sudah kurang dari 15%, maka tindakan yg akan diambil para ahli medis adalah melakukan cuci darah (dialisis) rutin sampai 3X per pekan.

Jika sudah sampai tahapan cuci darah, maka potensi harapan hidup akan semakin kecil dan hidup dalam kondisi sangat tdk nyaman serta akan terjadi kerusakan organ tubuh lanjutan.

Marilah kita sayangi ginjal kita

Mati adalah kepastian, sedangkan sehat adalah pilihan.

Salam Sehat Dari HPAI Pamulang

Sayangi Ginjal, Kesehatan Ginjal, Fungsi Ginjal, Merawat Ginjal, Diabetes, Cuci Darah, Gaya Hidup, Hipertensi, Obat Ginjal, HPAI, Herbal, Halal

0 comments:

Post a Comment